KPU Anambas Sosialisasi Pilkada 2020, Jalur Independen Wajib Dapat Dukungan 10 Persen

Ketua KPU Jupri Budi dan para staff saat melakukan sosialisasi di Aula Siantan Nur, jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. (SURYAKEPRI.COM)

ANAMBAS, SURYAKEPRI.COM –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Anambas melakukan sosialisasi Pilkada yang akan digelar serentak.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Anambas Jupri Budi, untuk Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju melalui jalur independen, harus mendapatkan dukungan sebesar 3.153 atau 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang hanya mencapai 31.259 Pemilih.

Menurut Jupri, dukungan 10 persen tersebut harus terdiri dari 6 Kecamatan dari 10 Kecamatan yang ada.

Jupri mengatakan, sosialisasi  ini dapat disampaikan kepada masyarakat. Selain awak media yang hadir, turut hadir pula disosialisasi tersebut elemen masyarakat yang menjadi sasaran bagi calon Bakal Bupati dan Wakil Bupati.

“Hal ini sesuai dengan PKPU bahwa, dukungan 50 persen dari sejumlah kecamatan yang ada di daerah ini,”ujarnya.

Menurutnya, selesai Pileg dan Pilpres 2019 lalu, KPU kembali  melaksanakan Pilkada 2020.

Ia juga berharap yang hadir di forum ini bisa disampaikan kepada masyarakat hal-hal yang perlu disampaikan yakni perlu pengawasan agar Pilkada 2020 bisa terlaksana lancar dan sukses.(put)