Mendagri Tito Minta Pemda Sederhanakan Regulasi di Daerah

Mendagri Tito Karnavian (Kompas.com)
Mendagri Tito Karnavian (Kompas.com)

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah sederhanakan regulasi di daerah agar bisa menunjang pertumbuhan ekonomi.

Kata Tito, Pemda harus menindaklanjuti hasil dan pemaparan dari Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda yang diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

“Kami harap Rakornas ini dapat di-follow up untuk bersinergi, terutama untuk memasukkan program nasional ke dalam program kerja dan anggaran daerah di samping kebutuhan khas masing-masing daerah,” kata Mendagri.

Sebagaimana pemaparan Presiden Joko Widodo terkait Lima Program Prioritas Pembangunan Nasional, Pemda dan Forkopimda diminta untuk mengantisipasi potensi dan kerawanan yang tengah dihadapi bangsa Indonesia, terutama yang berkaitan dengan faktor internal dan faktor global.

“Penekanan beliau menggarisbawahi tentang antisipasi potensi dan kerawanan yang harus dihadapi bangsa Indonesia, bonus demografi, ketersediaan lapangan kerja, dan pengangguran.”

Dia menambahkan, “Problem neraca perdagangan, situasi eskternal yang menyangkut persaingan global yang lebih kompetitif yang dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang menurun, bahkan beberapa negara mengalami resesi seperti Hongkong, ini harus kita antisipasi dengan baik.”

Penyerapan Tenaga Kerja