Menkeu Sri Mulyani: Aparat Bea Cukai Jangan Muka Besi

Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Bea dan Cukai Jakarta. (Foto: Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Bea dan Cukai Jakarta. (Foto: Kemenkeu)

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta aparat Bea dan Cukai agar tidak pasang muka besi, alias kaku dengan peraturan tanpa memiliki emphaty.

Dalam rapat koordinasi (Rakor) DJBC dengan tema “Insan Cerdas dan Berintegritas” di di Kantor Pusat DJBC, Jakarta, Senin (25/11/2019), di depan para pejabat DJBC, Menkeu meminta jajaran Bea Cukai untuk mencoba merasakan dan memahami kesulitan-kesulitan yang dihadapi para pengusaha di lapangan.

“Coba sekarang teman-teman di Bea dan Cukai pikirkan tentang penyederhaan regulasi. Saya juga akan menantang ini untuk Direktorat Jenderal Pajak. Saya ingin teman-teman di Direktorat Jendera Bea dan Cukai sekali-kali Anda untuk ganti sepatu”

Sri Mulyani mengetuk hati para pimpinan dan aparat Bea dan Cukai untuk merasakan bagaimana sendainya mereka berada di posisi pengusaha. “Jadilah eksportir atau importir yang tidak punya koneksi” kata dia.

Dia berharap para pimpinan dan jajaran pegawai di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mampu menangkap aspirasi para pelaku usaha sehingga diharapkan iklim berusaha Indonesia menjadi semakin kondusif.

Empathy Tapi Tetap Profesional