Mikel Arteta Siap Menjadi Manajer Arsenal

Asisten Pelatih Manchester City, Mikel Arteta (Sumber: Sportsmole)
Asisten Pelatih Manchester City, Mikel Arteta (Sumber: Sportsmole)

SURYAKEPRI.COM – Asisten manajer Pep Guardiola di Manchester City, Mikel Arteta, dikabarkan tertarik melakukan pembicaraan dengan Arsenal untuk mengambil alih posisi Unai Emery.

Saat ini Unai Emery tengah berjuang keras untuk mempertahankan posisinya di Stadion Emirates. Spekulasi terus bergulir mengenai pergantian manajer The Gunners, menyusul hasil-hasil buruk yang dialami klub.

Arsenal susah payah musim ini. Mereka berada di posisi 8 klasemen dengan 18 poin. Bukan habitat klub London Utara ini, mengingat mereka selalu menjadi penantang juara di setiap musim sejak era Arsene Wenger.

Arteta (37) bukan sosok baru di Arsenal. Dia pensiun sebagai pemain profesional di klub itu pada Juli 2016. Dia berseragam Arsenal sejak Agustus 2011, dimana dia didatangkan dari Everton senilai €12 juta.

Arteta saat ini berstatus asisten manajer di bawah Pep Guardiola, sejak Juli 2016 atau selepas pensiun sebagai pemain dari Arsenal.

Dan kini dia dikaitkan dengan man klubnya itu sebagai manajer. Sementara Arsenal dikabarkan tertarik memakai jasa Arteta jika berpisah dengan Emery.

The Times mengklaim pelatih asal Spanyol itu telah bersedia membuka pembicaraan dengan petinggi Arsenal.

Namun, Arsenal tidak sendirian dalam perburuan Arteta. Everton, klub yang paling lama dibela Arteta (2005-2011), juga menginginkan mantan pemainnya itu sebagai pelatih mereka.

Everton juga kabarnya berniat untuk memecat manajer Marco Silva. Penampilan Everton musim ini memang sangat buruk. Setelah bertahun-tahun stabil sebagai klub menengah, kini terdampar di posisi 15 tabel klasemen dengan 14 poin.(*)