Pemerintah Bangun Cloud, Mulai Operasional Tahun 2022

Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani (jpp)
Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani (jpp)

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah berencana membangun Cloud. Informasi ini diungkapkan Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani P, dalam forum diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9, yang bertajuk “Ada Apa dengan PP No 71 tahun 2019 (PP PSTE)?”

“Kami sudah merencanakan untuk membangun Cloud sendiri, jadi Cloud milik pemerintah. Dan sesuai rencana sudah akan dioperasikan pada 2022” kata Semuel di Ruang Serbaguna Roeslan Abdul Gani, Kemenkominfo, Jakarta Pusat, 4 November 2019.

Semuel menjelaskan bahwa kelak Cloud itu diperuntukkan menampung data strategis dan layanan umum.

“Terkait rencana tersebut, kami sudah mensinergikan dengan Perpres Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE),” ujarnya.

Untuk klasifikasi data yang ada dalam lingkup publik, Samuel menegaskan, ke depan akan diatur dalam peraturan menteri tersendiri.

Seiring rencana pembangunan Cloud itu, kata Samuel, kelak akan ada empat data centre. Hanya saja, dia masih belum mau menjelaskan secara detil di mana saja Cloud akan ditempatkan.

Selain Semuel, hadir pula sebagai narasumber dalam acara iitu Senior Associate Eka Wahyuning S. Acara FMB9 ini bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube). (*)

Perempuan Bangsa Temui Kasatreskrim Karimun yang Baru, Helmasari: Jangan Sampai Ada Khairunisah yang Lain