Pilot Robot Ini Lulus Uji Lisensi Penerbangan

ROBOpilot (Foto: Sia Magazine)
ROBOpilot (Foto: Sia Magazine)

SURYAKEPRI.COM – Pilot robot di Utah, Amerika Utara, lulus uji lisensi pada penerbangan pertamanya. Sayang, pilot bernama ROBOpilot ini juga mengalami kecelakaan pertama beberapa waktu setelahnya.

Robot bernama ROBOpilot Unmanned Aircraft Conversion System dirancang sebagai sistem drop-in, yang artinya mengganti kursi pilot dengan robot.

Tak seperti autopilot tradisional, ROBOpilot secara harfiah mengambil kontrol, menekan pedal kaki, dan mengendalikan kuk (yoke) menggunakan lengan robot.

Ia juga mengidentifikasi tombol dan jarak dengan sistem visi komputer, menerbangkan dan mendaratkan pesawat tanpa campur tangan manusia sama sekali.

Laporan uji coba yang dikutip NewScientist, Senin (2/9/2019) menyatakan, “ROBOpilot telah lulus dalam tes praktis milik Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengemudikan pesawat ringan dengan penerbangan pertama pada 9 Agustus di Utah.”

“Beberapa minggu kemudian, ia juga mengalami insiden pertama dan mengalami kerusakan, walaupun tingkat kerusakannya tidak diketahui,” imbuh laporan itu.

Masih ada tantangan