Survei HSBC: Pengusaha Indonesia Paling Optimistis

HSBC (Sumber: Finenews.asia)
HSBC (Sumber: Finenews.asia)

Survei yang dilakukan HSBC mengatakan, pengusaha Indonesia termasuk paling optimistis di dunia. Mereka meyakini, kebijakan pemerintah sudah tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sebuah riset yang dilakukan HSBC yang berjudul ‘Navigator: Now, Next, and How’ menyebutkan bahwa para pengusaha Indonesia termasuk di antara orang yang paling optimistis dibanding pengusaha dari negara-negara lain.

Optimisme itu termasuk dalam hal prospek bisnis, baik jangka pendek, menengah, maupun panjang.

Menurut hasil survei itu, optimistis para pengusaha terbentuk karena keyakinan pada kebijakan pemerintah Indonesia yang semakin fokus untuk menguatkan ekonomi.

Apalagi kabinet yang baru ini kian menunjukkan adanya perhatian Presiden untuk penyerapan investasi dan fokus penciptaan lapangan kerja.

Menurut para pengusaha Indonesia, kebijakan ekonomi pemerintah arahnya semakin memperkuat konsumsi domestik dan investasi.

Konsumsi domestik, misalnya, dengan terus bertumbuhnya kelas menengah yang menjadi penentu besaran konsumsi.

Apalagi pemerintah juga tidak segan mengalirkan dana segar ke seluruh Indonesia dalam bentuk hibah atau program lain. Hal ini diyakini membuat tingkat daya beli rakyat menguat.

“Para pebisnis di Indonesia memperlihatkan rasa optimistis yang sangat besar, dengan tingkat kepercayaan diri yang jauh lebih tinggi dibanding perusahaan-perusahaan lain di seluruh dunia, termasuk di wilayah Asia,” kata Deputi Direktur Commercial Banking PT Bank HSBC Indonesia Anurag Saigal.

Dalam keterangannya, HSBC menyebutkan sembilan dari sepuluh pengusaha di Indonesia optimistis tentang pertumbuhan dibandingkan dengan tahun lalu.

Sayangnya tidak dijelaskan, apakah optimisme itu disebabkan karena Indonesia sudah melewati masa Pemilu yang menghebohkan. Dan ternyata, masa-masa itu bisa dilalui dengan damai tanpa gejolak berarti.

90 Persen Optimistis