Takluk 2-1 dari Astana, Solskjaer Ngaku Tetap Optimistis

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer bersama para pemain belianya memberikan applaus kepada penonton di Astana Arena. (Sumber: Sportsmole)
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer bersama para pemain belianya memberikan applaus kepada penonton di Astana Arena. (Sumber: Sportsmole)

SURYAKEPRI.COM – Manchester United takluk 1-2 dari klub Kazakhstan, Astana, pada matchday V Grup L, Liga Eropa di Astana Arena, Kamis (28/11/2019).

United duluan unggul pada menit 10 melalui gol Jesse Lingard, yang didapuk sebagai kapten, berkat assist Luke Shaw. Tetapi tuan rumah membalas pada menit 55 lewat gol Dmitriy Shomko, memanfaatkan umpan Roman Murtazayev. 

Tuan rumah akhirnya unggul 2-1 lantaran bek muda United, Di’Shon Bernard (18), melakukan gol bunuh diri pada menit 62.

Solskjaer datang dengan mayoritas pemain muda dari akademi. Hanya tiga pemain dari tim inti dalam starting XI, yakni Jesse Lingard, Luke Shaw, dan Axel Tuanzebe. Kiper gaek Lee Grant (36) adalah pemain senior keempat dalam susunan pemain. Dia adalah kiper ketiga United.

Bahkan Tuanzebe (22) sendiri adalah pemain belia yang belakangan ini baru sesekali dimasukan ke tim inti. Sementara pertandingan ini menjadi ajang pemanasan bagi Luke Shaw yang baru pulih dari cedera cukup panjang.

Kendati kalah, Solskjaer menyatakan optimistis karena penampilan tim akademi cukup menjanjikan.

Bek muda Manchester United, Di'Shon Bernard (19), mencetak gol bunuh diri dalam kekalahan 2-1 dari Astana di Liga Eropa. (Foto: TheSun)
Bek muda Manchester United, Di’Shon Bernard (19), mencetak gol bunuh diri dalam kekalahan 2-1 dari Astana di Liga Eropa. (Foto: TheSun)

Perjalanan pulang pergi sejauh 6.000 mil untuk menghadapi Astana adalah yang terjauh yang pernah dilalui klub untuk pertandingan kontinental.

Pertandingan ini tidak mempengaruhi nasib United, karena mereka sudah memastikan lolos ke fase berikutnya. Saat ini Red Devils berada di puncak klasemen dengan 10 poin, disusul AZ Alkmaar dengan 9 poin.

Dua tim lainnya, Partizan Beograd di posisi ketiga dengan 5 poin dan FC Astana berada di dasar klasemen dengan 3 poin yang baru diraih dari kemenangan atas tim muda Manchester United.

Tim Termuda di Kompetisi Eropa