Tito Imbau Parpol Bikin Kebijakan Pro Empat Pilar NKRI

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Sumber: Kemendagri)
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Sumber: Kemendagri)

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Partai politik (Parpol) adalah penentu kebijakan bangsa ini, karena kader-kader Parpol yang duduk di parlemen sebagai para pembuat regulasi.

Oleh karena itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Parpol membuat kebijakan yang berlandaskan Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Eks Kapolri mengatakan hal itu saat menghadiri Pendidikan Partai Politik Golkar di Merlyn Park Hotel, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

“Parpol juga memiliki peran penting dalam pembuatan kebijakan ini. Tolong dibuat kebijakan-kebijakan yang pro kepada Pilar-pilar NKRI, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika,” kata Mendagri.

Menurutnya, nilai-nilai yang terkandung di dalam empat pilar tersebut dapat dirumuskan menjadi sebuah landasan kebijakan maupun dalam regulasi.

“Jangan sampai kebijakan-kebijakan dibuat tanpa berlandaskan prinsip-prinsip itu. Tidak perlu disebutkan Pancasila, tapi nilai-nilainya itu masuk dalam pembuatan UU, pembuatan TAP MPR, Perda, cara berpakaian misalnya, dan seterusnya,” ujarnya.

Saring Aspirasi