Friday, April 26, 2024
HomeLainnyaNasionalRingkasan MUI Jika Muslim Tak Sholat Jumat 3 Kali saat Wabah Covid-19

Ringkasan MUI Jika Muslim Tak Sholat Jumat 3 Kali saat Wabah Covid-19

spot_img

SURYAKEPRI.COM –  Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh mengatakan pria muslim yang menggugurkan kewajiban sholat jumat tiga kali berturut-turut di kala pandemic virus corona (Covid-19) tak lantas digolongkan kafir jika muslim bersangkutan menggantinya dengan melaksanakan sholat zuhur di rumah.

Pria muslim yang tidak sholat Jumat untuk menghindari wabah penyakit itu mengalami udzhur syar’i atau segala halangan sesuai kaidah syariat Islam yang menyebabkan seseorang boleh untuk tidak melakukan kewajiban atau boleh menggantikan kewajiban itu dengan kewajiban lain.

“Menurut pandangan para ulama fikih (ilmu hukum agama) udzhur syar’i untuk tidak salat Jumat antara lain karena sakit atau karena khawatir mendapatkan sakit. Nah, dalam kondisi ketika berkumpul dan berkerumun itu diduga kuat akan terkena wabah atau menularkan penyakit, maka itu menjadi udzhur untuk tidak Jumatan (salat Jumat),” demikian keterangan Asrorun, Kamis (2/4/2020) malam seperti dikutip dari Antara.

Sementara, pria muslim yang meninggalkan sholat Jumat karena meremehkan atau mengingkari kewajiban Jumat tiga kali berturut-turut sebagaimana dinukil dari hadis sahih bisa dikategorikan kafir.

“Perlu disampaikan bahwa hadis yang menyatakan kalau tidak sholat Jumat selama tiga kali berturut-turut dihukumi kafir itu, jika mereka ingkar pada kewajiban Jumat,” tutur pria yang juga Dosen Pascasarjana Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Asrorun mengatakan ada juga pria muslim yang tidak sholat Jumat karena malas.

Mungkin pria muslim itu meyakini kewajiban Jumat, kata Asrorun, tapi tidak melakukannya  sebab malas tanpa adanya udzhur syar’i.

Ganjarannya, sambung Asrosun, pria muslim itu berdosa atau ‘ashin (melakukan maksiat).

“Jika tidak Jumatan tiga kali berturut tanpa udzhur, Allah juga mengunci mati hatinya,” kata dia.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER