Saturday, July 27, 2024
HomeLainnyaNasionalHarga Pertalite Akan Naik Pekan Depan, Ini Tanggapan Anggota DPR

Harga Pertalite Akan Naik Pekan Depan, Ini Tanggapan Anggota DPR

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Sejumlah pihak mengkritik rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite pekan depan.

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Demokrat Vera Febyanthy mengatakan masyarakat masih serba susah sekarang. Sebab, harga pangan juga sedang mahal-mahalnya.

“Belum saatnya itu BBM pertalite dinaikkan, masyarakat masih menjerit apalagi di saat harga bahan pokok naik. Masa masyarakat kita dikorbankan,” ungkap Vera kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/8).

.Baca : Harga BBM Resmi Naik! Ini Daftar Terbaru di SPBU

Pemerintah, kata Vera, sebenarnya bisa memotong anggaran belanja lain dan mengalihkan dana itu untuk menambah subsidi energi. Ia mencontohkan belanja infrastruktur pembangunan ibu kota baru (IKN) dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Harusnya belanja lain dipotong, jangan korbankan harga minyak tapi yang lain jor-joran. IKN ditunda saja dialihkan untuk subsidi dulu. Kereta cepat juga. Itu enggak ada urgensinya langsung ke rakyat, kok rakyat yang dikorbankan,” tutur Vera.

Kritik serupa disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mulyanto. Menurutnya pemerintah bisa menunda pembangunan IKN dan kereta cepat Jakarta-Bandung daripada menaikkan harga pertalite.

Oleh sebab itu, ia menilai pemerintah tidak konsisten jika benar-benar menaikkan harga pertalite. Menurutnya, pemerintah selalu mengatakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)surplus beberapa waktu terakhir.

Sehingga, Mulyanto berpendapat pemerintah seharusnya punya dana untuk menambah subsidi energi.

“Pemerintah jangan plin-plan. Sementara presiden bilang ekonomi kita bagus dan APBN surplus, para menteri justru berwacana untuk menaikkan harga BBM bersubsidi. Sebaiknya wacana seperti itu dihentikan. Jangan bikin malu presiden,” ujar Mulyanto.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Jokowi akan mengumumkan kenaikan harga pertalite pekan depan. Hal ini dilakukan karena pemerintah sudah tak kuat menanggung beban subsidi energi di tengah lonjakan harga minyak mentah dunia.

“Mungkin minggu depan presiden akan mengumumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini. Jadi presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan demikian karena harga BBM kita termurah se kawasan dan itu beban untuk APBN,” ucap Luhut.

Tahun ini, pemerintah mengalokasikan subsidi energi sebesar Rp502 triliun atau naik dari rencana awal yang hanya Rp170 triliun. Keputusan ini seiring dengan kenaikan harga minyak mentah dunia yang sempat tembus lebih dari US$100 per barel.

Sementara, harga BBM penugasan pertalite masih ditahan di level Rp7.650 per liter dan solar bersubsidi Rp5.150 per liter.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK MINGGU 21 AGUSTUS 2022: Sagitarius Bersikap Bijaksana dan Tegas, Gemini Sifat Riang Membuat Lebih Populer, Libra Harus Optimis, Aquarius Menemukan Kenalan Baru

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK 20 AGUSTUS 2022: Libra Merasa Percaya Diri, Leo Rendah Hati, Gemini Anda Perlu Bekerja Keras,  Virgo Penuh dengan Keyakinan dan Optimisme

 

Sumber:Cnnindonesia

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER