Hari Lahir Pancasila, Pemikiran dan Pandangan Bung Karno

Logo Hari Lahir Pancasila 2020.(ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – PADA 1 Juni 1945 Soekarno berpidato tentang dasar negara yang dinamainya Pancasila. Tanggal 1 Juni kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Pada 1 Juni 2016 Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) No. 24 Tahun 2016 yang menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Dan 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional mulai tahun 2017.

Wakil Ketua MPR RI Achmad Basarah mengatakan sejak negara Indonesia didirikan pada tahun 1945 telah ditetapkan bahwa dasar negara adalah Pancasila, tak bisa lagi ditawar-tawar.

Baca: 15 Juni Masuk Sekolah di Karimun Kepri, Meja Siswa Akan Diberi Jarak 1 Meter

Baca: Megawati Soekarnoputri Instruksikan Perhebat Budaya Membaca, Peduli Lingkungan

Baca: RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK, Senin 1 Juni 2020, Virgo Menyenangkan, Pisces Merasa Bahagia

Namun, lanjutnya, memahami eksistensi Negara Pancasila dan kedudukan hukum Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara tidak dapat dilakukan jika tidak mengetahui dan memahami dengan benar sejarah pembahasan, perumusan dan pembentukan Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri negara.

“Kita juga tidak akan memahami proses sejarah pembentukan Pancasila sebagai dasar negara tanpa memahami dengan utuh dan objektif, sejarah dan perkembangan pemikiran Bung Karno yang dalam fakta sejarahnya telah melakukan peranan penting sebagai asbabun nuzul, asbabul wurud, causa prima atau penyebab utama lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka,” ujar Wakil Ketua MPR-RI Achmad Basarah jelang momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila yang ke 75 di Jakarta, Jumat (29/5).

Menurut Basarah, Bung Karno berhasil menyintesiskan berbagai pandangan yang telah muncul dan orang pertama yang mengonseptualisasikan dasar negara itu ke dalam pengertian “dasar falsafah” (philosofische grondslag) dan “pandangan komprehensif dunia” (weltanschauung) secara sistematik, solid dan koheren. Istilah Pancasila itu sendiri berasal dari Bung Karno setelah meminta pendapat seorang ahli bahasa.

Ahmad Basarah. (ist)

“Tanpa mengikutsertakan Bung Karno dalam menjelaskan sejarah pembentukan Pancasila sebagai dasar negara sama saja dengan memutus rantai sejarah bangsa Indonesia,” ujarnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.