Wednesday, May 15, 2024
HomeBisnisFinanceBank Sentral Israel Susah Payah Jinakkan Mata Uang Syikal yang Terlalu Perkasa

Bank Sentral Israel Susah Payah Jinakkan Mata Uang Syikal yang Terlalu Perkasa

Penulis: Eddy Mesakh

spot_img
Gubernur Bank Israel Amir Yaron menghadiri konferensi pers pada 31 Maret 2019. (Yonatan Sindel / Flash90)
Gubernur Bank Israel Amir Yaron menghadiri konferensi pers pada 31 Maret 2019. (Yonatan Sindel / Flash90)

Dolar sekarang diperdagangkan di sekitar NIS 3,25, bahkan setelah bank sentral membeli mata uang asing senilai $ 6,8 miliar pada bulan Januari, sehingga cadangan devisanya pada akhir bulan menjadi $ 179,5 miliar, atau sekitar 45% dari PDB negara.

“Tiga puluh miliar dolar adalah jumlah yang cukup besar,” kata Yaron dalam sebuah acara di Universitas Bar-Ilan pada Minggu malam, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Bank Israel pada hari Senin.

“Kami berkomitmen untuk menghabiskan jumlah ini. Untuk mengetahui besarannya, pertimbangkan apa yang akan terjadi di pasar valas jika surplus transaksi berjalan turun sebesar itu,” ujarnya.

“Tentu saja, jika relevan, dan mengingat kondisi ekonomi dan pasar saat itu, kami dapat meningkatkan cakupan program pembelian valuta asing.”

Dalam beberapa bulan terakhir, aliran mata uang asing ke dalam perekonomian Israel semakin intensif, dengan latar belakang pertumbuhan surplus transaksi berjalan, investasi langsung, penjualan mata uang asing skala besar oleh investor institusional lindung nilai keuntungan portofolio investasi di pasar modal luar negeri, dan penurunan yang cukup besar dalam investasi nyata oleh lepas pantai Israel.

“Setelah membuat komitmen untuk membeli $ 30 miliar pada tahun 2021, Bank of Israel telah membeli hampir $ 7 miliar di bulan Januari saja.”

“Pasar mungkin mempertanyakan apakah $ 30 miliar sudah cukup,” kata Daniel Hass, yang mengepalai strategi pasar dan layanan konsultasi di Ruang Perdagangan OTC Bank Hapoalim, dalam sebuah wawancara telepon.

Sejak Desember, data yang dipublikasikan bank sentral menunjukkan telah membeli sekitar $ 12 miliar mata uang asing di pasar.

“Tapi nilai tukar dolar-syikal sebenarnya lebih rendah sekarang dibandingkan pada 1 Desember,” kata Hass.

“Pada tanggal itu kursnya adalah NIS 3,28-3,29 per dolar dan sekarang NIS 3,25. Secara efektif, $ 12 miliar, yang lebih dari 30% dari apa yang akan mereka beli tahun ini, memiliki dampak keseluruhan yang terbatas.”

Dia mengatakan Yaron telah “memperjelas bahwa $ 30 miliar itu terbuka,” dan kemungkinan mencoba untuk lebih mengurangi kegelisahan pasar.

Mengumumkan rencana untuk membeli $ 30 miliar tahun ini adalah “langkah yang sangat berani dan signifikan oleh bank Israel,” yang memicu tanggapan langsung dari pasar, kata Hass kelahiran Inggris.

“Anda dapat memberi Bank of Israel banyak pujian dan pujian, tetapi pada akhirnya, mereka melawan gravitasi.”

Hass mencatat bahwa bank memiliki alat lain untuk mengekang syikal, termasuk menurunkan suku bunga pinjaman menjadi nol atau negatif, meskipun langkah seperti itu tidak mungkin terjadi.

Bank sentral juga dapat menetapkan “langkah-langkah makroprudensial.

“Ini berarti kemungkinan kontrol dan pembatasan modal serta tuntutan atas transaksi spekulan mata uang asing, meskipun” ini juga sangat tidak mungkin, “kata Hass.

Opsi terakhir adalah bank sentral melanjutkan intervensi pasar yang lebih agresif.

“Mereka bisa keluar dengan lebih banyak pernyataan niat, intervensi verbal, atau mereka bisa datang dan membeli $ 20 miliar lagi di bulan Februari dan Maret. Ini bank sentral, mereka bisa melakukan apa saja yang mereka suka, ”katanya.

Selama kuartal keempat tahun 2020, syikal menguat sekitar 6,6 persen terhadap dolar AS, kata Bank of Israel pada hari Rabu.

Secara paralel, syikal menguat sekitar 2% persen terhadap euro.

Investor institusional Israel (dana pensiun, dana simpanan, dan perusahaan asuransi) memiliki penjualan bersih devisa dengan total sekitar $ 5,2 miliar pada kuartal keempat tahun 2020, dan non-penduduk meningkatkan penjualan valuta asing bersih menjadi sekitar $ 6,2 miliar.

Sebaliknya, sektor bisnis melanjutkan pembelian bersih mata uang asing, dengan total sekitar $ 1,8 miliar pada kuartal keempat, kata bank sentral.(*)

Ekonomi Israel, Bank Sentral Israel, Syikal, Shekel, Nilai Tukar Dolar-Syikal,  Kekuatan Mata Uang Israel, Syikal, Amir Yaron, Daniel Hass, Startup Israel, Bank Hapoalim Ltd, Surya Kepri, Finansial  

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER